Sunday, November 8, 2015

KONFA 2015 Bersama Ibu Menteri Yohana Yembise


Jum'at, 6 November 2015, aku diundang ke rangkaian acara hari terakhir Konferensi Anak Indonesia (KONFA) 2015 dari Majalah Bobo dengan tema AKU DAN KOTAKU sebagai alumni delegasi KONFA tahun 2009. Pagi-pagi (boleh dibilang masih subuh), aku berangkat diantar mama nenuju Wisma PKK Melati Jaya, tempat dimana teman-teman delegasi KONFA 2015 menginap. Sampai di Wisma PKK Melati Jaya masih gelap, masih sekitar pukul 5 subuh. Sambil menunggu teman-teman delegasi KONFA 2015 siap, aku menyempatkan diri untuk berkeliling wisma, sekedar bernostalgia dalam memori 6 tahun yang lalu saat aku menjadi delegasi KONFA 2009. Di sanalah aku dan teman-teman delagasi KONFA 2009 juga menginap selama 6 hari 5 malam, tepatnya tanggal 25-30 Oktober 2009. ^_^

Setelah teman-teman delegasi KONFA 2015 siap, aku berkenalan dengan mereka dan menceritakan sedikit pengalamanku saat mengikuti KONFA 2009. Waktu itu aku menjadi peserta termuda, umur 8 tahun, kelas 4 SD. Aku bertemu dengan Nadia, Keisya, dan Hanna, penulis KKPK yang tahun ini menjadi delegasi KONFA 2015. Kami juga melakukan senam pagi yang dipimpin oleh kakak-kakak fasilitator. Keseruan dan tawa canda langsung memenuhi ruangan. ^_^

Sekitar pukul 6.30 kami berangkat ke Kebun Raya Bogor dengan bus. Karena tema KONFA tahun ini adalah AKU DAN KOTAKU, salah satu kakak fasilitator yaitu Kak Gita menjelaskan mengenai pemandangan dan tata kota selama perjalanan di tol. Kami mendengarkan penjelasannya sambil sarapan snack. ^_^

Sesampainya di Kebun Raya Bogor, kami langsung ke Griya Anggrek. Disana kami melihat-lihat berbagai jenis pohon dan bunga anggrek. Tentu saja tak lupa foto-foto bersama. Sementara itu, sebagian kakak-kakak fasilitator menyiapkan tempat untuk acara permainan mencari harta karun. Aku ikut dilibatkan di dalam salah satu pos, yaitu di Pos 2, pos rempah-rempah bersama Kak Novi. Ada 5 pos yang harus dikunjungi oleh teman-teman delegasi KONFA 2015, yaitu pos anggrek, pos rempah-rempah, pos aliran air, pos fossil, dan pos permainan tradisional. Di masing-masing pos, teman-teman delegasi KONFA 2015 diberikan penjelasan mengenai berbagai pengetahuan sesuai pos yang mereka kunjungi, kemudian diajak bermain bersama. Aku yang tadinya hanya berjaga di Pos 2 akhirnya ikut berkeliling ke pos-pos yang lainnya dan ikut bermain bersama. Jadi tambah pengetahuan, deh. Udah pasti juga seneng main sama teman-teman delegasi KONFA 2015. Seruuu! ^_^

Oh ya, di Kebun Raya Bogor, aku bertemu dengan Dinda, penulis KKPK dan alumni delegasi KONFA 2011 yang diundang juga. Dinda diantar mamanya (Tante Ade) dan adeknya (Jingga) ke sana. Senang banget ketemu Dinda setelah lama banget kami nggak ketemuan. Dinda pun langsung bergabung bersamaku mengikuti kegiatan teman-teman delegasi KONFA 2015. ^_^

Selesai bermain mencari harta karun, kami semua makan siang di Kebun Raya Bogor. Setelah itu kami langsung menuju Hotel Savero Golden Flower untuk melakukan acara penutupan. Acara penutupan ini dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Yohanna Susana Yembise. Di acara penutupan, teman-teman delegasi KONFA 2015 membacakan deklarasi mereka mengenai AKU DAN KOTAKU. Aku sempat berdiskusi dengan Ibu Menteri setelah acara. Aku menanyakan tentang kehidupan anak-anak dan remaja seusiaku. Aku masih penasaran karena cuma sebentar. Tapi aku senang karena Ibu Menteri berkenan menjawab pertanyaan-pertanyaanku. Ibu Menteri juga berkenan untuk berfoto berdua denganku. Aku juga berfoto dengan salah satu delegasi KONFA 2015 bernama Hafidz yang merupakan seorang tunanetra. Hafidz satu-satunya peserta yang mengirimkan karya tulisnya memakai huruf Braille. Suara Hafidz juga bagus. Dia memimpin teman-temannya menyanyikan lagu "Jangan Menyerah". Semua terharu mendengarkannya karena Hafidz menyanyikannya dengan penuh penjiwaan. ^_^

Usai sudah seluruh rangkaian acara KONFA 2015. Selanjutnya sebagian besar peserta yang rumahnya di daerah Jabodetabek langsung pulang. Yang lainnya, yang tinggalnya jauh di kota-kota lain kembali ke Wisma PKK Melati Jaya karena akan pulang keesokan harinya. ^_^

Terima kasih kepada Tante Ani Kussusani Prihatmoko (Pemimpin Majalah Bobo) dan Kak Erna Johanna Ernawati yang udah berkenan melibatkan aku dalam acara yang super keren ini. Buat kakak-kakak fasilitator yang baik dan asyik. Juga buat teman-teman delegasi KONFA 2015 yang keren dan pintar. Alhamdulillah acara KONFA 2015 sukses. Selamat semuanyaaa. Semoga teman-teman delegasi KONFA 2015 dan teman-teman alumni delegasi KONFA tahun-tahun sebelumnya bisa menjadi pemimpin-pemimpin hebat di masa yang akan datang. Aamiin. ^_^

Eh, iya, di acara KONFA 2015 selain anak-anaknya yang reunian, ibu-ibunya juga. Ada Tante Ade, Tante Nadiah, Tante Fitha, Tante Aprilina, dan mamaku Shinta Handini yang sama-sama penulis. Kami sempat foto bersama ibu dan anak. Jarang-jarang ketemuan soalnya. Iya kan, Dinda Alya Namira Nasution, Jingga, Hana Alfazzahra Alhaddad, Keisya, Taman Hati, dan Nadia Shafiana R? Aku senang bertemu semuanya. ^_^

Terakhir tapi yang penting banget, aku berterima kasih banget sama sekolahku yang selalu mendukungku dan kegiatan-kegiatanku. Karena ternyata enggak semua sekolah mendukung kegiatan murid-muridnya. Kepada Kepala Sekolah SMA Labschool Jakarta Bapak M Fakhruddin dan wali kelasku Ibu Idah Aryani, makasih banyak untuk izinnya. ^_^




Foto-foto selengkapnya ada di FB-ku:
https://www.facebook.com/muthia.fadhila/media_set?set=a.897584253670190&type=3



No comments:

Post a Comment